Senin, 07 April 2008

:: FKIP UNRI

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNRI Berdiri pada tanggal 13 Oktober 1962 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Universitas Riau nomor 02/KPN/JUR62 pada tanggal 15 September 1962 yang kemudian diperkuat dengan Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 123 Tanggal 20 September 1963 yang berlaku sejak tanggal 1 Oktober 1962. Pendirian FKIP tak lepas dari sejarah berdirinya Universitas, yang pada awal permulaan UNRI terdiri dari Ketataniagaan (FKK) yang saat ini dikenal dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Berdirinya FKIP sebagai salah satu Fakultas dalam lingkungan UNRI, tak terlepas dari sejarahnya perjuangan dan kerjasama masyarakat dan Pemerintah daerah TK-I Riau. Gubernur KDH TK-I Riau Bapak Mr. S.M. Amin, khairudin Nasution, Brigjend TNI Arifin Achmad dan Kolonel R. Soebrantas susanto dan tokoh masyarakat lainnya, mereka mempunyai peran yang sangat besar mulai Universitas membangun dan memantapkannya.
Dalam perjalanan pada tahun 1964 FKIP UNRI memisahkan diri dan menjelma menjadi IKIP Jakarta Cabang Pekanbaru dan pada tahun 1968 bergabung lagi dengan Universitas dan menjelma menjadi 2 fakultas, Fakultas Keguruan Dan Fakultas Ilmu Pendidikan.
Dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Riau Nomor 53/PT.22/J.03.01/83 tanggal 17 Maret 1983 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan digabung menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sampai sekarang.
Dengan berlakunya UU No. 22 tahun 1999 tentang Otonomi Daerah akan merubah paradigma pengelolaan sistem pendidikan yang selama ini lebih bersifat sentralistik ke sistem disentralistik.
Perubahan ini tentu mempunyai konsekuensi adanya perubahan wewenang bagi pengelola pendidikan untuk mengatur dirinya sendiri sesuai dengan kebutuhan daerah dan permintaan pasar. Perubahan paradigma diatas tentu merupakan tantangan sekaligus peluang harapan daerah. Untuk itu FKIP diharapkan mampu menjadi lokomotif dalam menghasilkan tenaga pendidik yang handal dalam bidangnya masing-masing.
PIMPINAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS RIAU

Dekan : Drs. H. ISJONI, M.Si
Pembantu Dekan I : Drs. Wan Syafi'i, M.Si
Pembantu Dekan II : Drs. H. Auzar, M.S
Pembantu Dekan III : Drs. H. Zulkarnain, M.Pd
Pembantu Dekan IV : Drs. H.M. Nur Mustafa, M.Pd

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda