Senin, 07 April 2008

:: PROFILE FKIP UNIVERSITAS JAMBI

PEJABAT DEKANAT

Dekan : Drs. H. Amin Saib, M.M
Pembantu Dekan I : Dr. Herman Budiyono, M.Pd
Pembantu Dekan II : Drs. Fachruddin Saudagar, M.Pd
Pembantu DEkan III : Dra. Zurweni, M.Si


SEJARAH

FKIP merupakan salah satu dari Lima Fakultas yang ada di Universitas Jambi (UNJA). Cikal bakal lahirnya FKIP diawali dengan penugasan UNJA sebagai LPTK yang menyelenggarakan (1)program Diploma (D-I/Akta-I) untuk bidang studi Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam dan (2) D-II dan D-III untuk bidang studi Bahasa Indonesia dan Matematika. Hal tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 028/PJ/Kep/80 tanggal 3 Juli 1980

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 41 tahun 1982 tanggal 7 September 1982 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0540/O/1983, FKIP Unja berdiri pada tahun 1982. Pada awal berdirinya, FKIP UNJA menyelenggarakan 4 jurusan dan 4 program studi S1 Empat Jurusan tersebut adalah (1) Ilmu Pendidikan(IP), (2) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS),(3) Pendidikan Bahasa dan Seni (PBS), 4 Jurusan tersebut masing-masing memiliki satu program studi .
IP memiliki program studi Bimibingan KOnseling(BK); PIPS memiliki Program studi Pendidikan Koperasi; PBS memiliki Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia dan Daerah; dan PMIPA meiliki Program Studi Pendidikan Kimia.
Sekarang (2008), empat jurusan pada FKIP Unja memiliki 11 Program Studi. IP memiliki 4 program studi, yaitu(1) Bimbingan dan Konseling(BK), (2) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), (3) Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (PGTK), (4) Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (PORKES). PIPS hanya memiliki satu program studi yaitu pendidikan ekonomi. PBS memiliki dua program studi, yaitu (1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah dan (2) Pendidikan Bahasa Inggris, PMIPA memiliki empat program studi, yaitu(1) Pendidikan Kimia,(2)Pendidikan Fisika,(3)Pendidikan Matematika, dan (4) Pendidikan Biologi.


VISI,MISI DAN TUJUAN

VISI
Mewujudkan fakultas yang dapat menjadi wadah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan, sikap, etik akademik, dan keterampilan profesional keguruan dan kependidikan sesuai dengan keilmuan serta memiliki daya saing sejalan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sosial budaya.

MISI
Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi secara profesional dan beretika dengan memberdayakan segenap potensi yang ada untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

TUJUAN
Tujuan FKIP Universitas Jambi adalah untuk membina dan mengembangkan SDM yang memiliki kualitas sebagai berikut :

  • berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi serta bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi, maupun masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang kependidikan,

  • mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi bidang kependidikan dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat serta menguasai dasar-dasar ilmiah, pengetahuan, dan teknologi kependidikan sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan kependidikan.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda